Learn Today, Lead Tomorow

Pages

Tuesday 23 February 2016

Meditasi

 Ok... saya akan berbagi artikel mengenai meditasi....
Semoga bermanfaat....




           
         Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata Meditasi diartikan sebagai pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Dari segi etimologi meditasi berasal dari bahasa latin, Meditatio yang artinya bertafakur, hal merenungkan, memikirkan, mempertimbangkan atau latihan, pelajaran persiapan. Sedangkan dari segi terminologi meditasi adalah penggunaan pikiran secara terus menerus untuk merenungkan beberapa kebenaran, misteri atau objek penghormatan yang bersifat keagamaan sebagai latihan ibadah.
        Banyak penelitian yang dilakukan oleh pakar membuktikan bahwa orang yang rutin melakukan meditasi dalam kehidupan sehari hari terlihat lebih percaya diri dan berwibawa. Penyelidikan lebih lanjut membutikan meditasi juga bisa membantu menormalkan detak jantung dengan menurunkan frekuensi pernapasan sehingga kebutuhan oksigen dapat dikurangi.        Meditasi diartikan sebagai suatu cara untuk melatih diri kita agar memiliki keadaan cita atau sikap yang lebih bermanfaat. Leo menjelaskan bahwa meditasi juga dimaknai sebagai praktik relaksasi yang melibatkan pengosongan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan. Rizki Joko Sukmono menjelaskan bahwa meditasi adalah pemfokusan pikiran menuju status kesadaran.
        Meditasi telah ada sejak ratusan tahun yang lalu bahkan ribuan tahun yang lalu, meditasi sudah dikenal di seluruh peradaban tinggi yang ada di muka bumi. India yang merupakan salah satu peradaban tinggi dan tertua di dunia diyakini oleh banyak pakar sebagai asal muasal meditasi. Dalam perkembangannya di zaman modern yaitu di dunia barat yang sangat rasional, meditasi pada awalnya tidak mendapatkan tempat yang istimewa. Namun, lambat laun terutama setelah kelompok band terkenal The Beatles mempopulerkan meditasi, barulah dunia barat membuka mata dan pikiran mereka bahwa meditasi sangat bermanfaat serta menamainya dengan Transcendental Meditation.
       Meditasi bukanlah sebuah agama dan tidak akan meminta anda untuk mengubah pandangan atau keyakinan agama. Tujuan meditasi yang sebenarnya adalah untuk memperlambat dan menenangkan pikiran serta menyehatkan tubuh. Meditasi pun dibagi menjadi menjadi dua bagian yakni meditasi  eksklusif yaitu meditasi yang mengharuskan membatasi perhatian hanya pada satu pikiran dan meditasi inklusif yaitu meditasi pelepasan stress dan kesadaran.
       Pada praktik meditasi pertama tama kita harus meyakini bahwa meditasi adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Berikut ini adalah ragam faktor internal maupun eksternal yang mesti diketahui sebelum melakukan meditasi diantaranya adalah memiliki sila, menghilangkan berbagai rintangan fisik, memilih tempat yang baik, menentukan guru, waktu yang tepat, melenyapkan rintangan rintangan kecil, memilih makanan yang baik, kebersihan badan, pakaian, sikap duduk, dan relaksasi. Cara meditasi adalah yang pertama duduklah senyaman mungkin dan berusahalah untuk rileks, pejamkan mata, yang kedua awali dengan menyebut nama Tuhan sesuai kepercayaan masing masing, ketiga tarik napas dan buang napas sesantai mungkin dengan pernapasan perut, lakukan kurang lebih 15 menit, dua kali sehari setiap pagi dan malam.
        Salah satu teknik meditasi adalah teknik meditasi pernapasan, meditasi pernapasan ini adalah meditasi yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Secara fisik, meditasi pernapasan memiliki beberapa manfaat diantaranya, memperbaiki fungsi paru-paru, meningkatkan kualitas hb darah, memperbaiki  kerja pembuluh darah, memperbaiki pencernaan makanan, melatih otot,menjaga kesehatan jantung, dan memelihara jaringan otak
        Adapun tips untuk meditasi bagi para pemula yaitu ;
1.      Mendidik Diri
Kebingungan dan kesalahan apapun umumnya disebabkan oleh ketidaktahuan. Oleh karena itu, penting bagi para pemula untuk membaca buku tentang meditasi dan latihan spiritual.
2.      Atur Waktu
Untuk menjadikan meditasi sebagai kegiatan yang rutin.
3.      Jangan Pikirkan Hal Lain
Ada baiknya sebelum memulai meditasi kita harus menyelesaikan pekerjaan dahulu.
4.      Lakukan Peregangan
Peregangan dapat mengendurkan otot dan tendod sehingga membuat anda lebih nyaman.
5.      Dapatkan Kenyamanan
Cari tempat tenang yang membuat anda merasa nyaman.
6.      Siapkan Pikiran
Biarkan pikiran tetap pada stabilitas aslinya dan kekuatan batin.
7.      Mengucapkan Mantra
Menggunakan mantra adalah teknik meditasi yang banyak dipraktikan.
8.      Napas Panjang
Ketika meditasi, sebaiknya mengambil napas yang panjang dan dalam.
9.      Lakukan Secara Bertahap
Semakin sering bermeditasi , maka makin banyak manfaat yang akan anda terima.
1.  Coba Berbagai Teknik Meditasi
Ada banyak teknik meditasi, terus cobalah teknik meditasi baru sampai anda menemukan yang sesuai untuk anda .

        Selain itu jenis-jenis penyakit yang bisa diobati dengan meditasi diantaranya stress, penusutan otak, penyakit psikomastis, penyakit kardiovaskular, penyakit hipertensi, penyakit hepatitis, penyakit asma, penyakit wasir, sakit punggung, sakit leherm penyakit kanker, penyakit migran, stroke, diabetes mellitus, obesitas dan insomnia.





        

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

 
Vegeta - Dragonball Z 2